Sebenarnya udah lama banget aku pengen jalan-jalan ke Manado, ngebayangin bisa snorkling di bunaken itu sesuatu banget rasanya. Tapi ya seperti kita semua tahu, tiket ke manado dari jakarta itu ngga murah, makanya keinginan itu hanya sampai di angan-angan saja. Sampai akhirnya aku dapet tugas kantor selama 3 hari disana, duh rasanya kayak dapet durian runtuh deh. Setibanya disana, walaupun sudah larut malam, aku memutuskan untuk jalan-jalan di kotanya. Saking semangat jalannya, ngga terasa sudah sangat jauh banget dari hotel, karena udah capek, aku memutuskan untuk kembali ke hotel, eh udah muter-muter kesana kemari malah nyasar ngga nemu hotelnya. Dan entah bagaimana, akhirnya aku sampai di jalan Sam Ratulangi, banyak sekali jajanan di jalan ini, akhirnya sekalian istirahat, aku nyobain beli milu bakar (*jagung bakar). Setelah selesai makan, akhirnya aku pulang naik angkot dengan berbekal informasi arah hotel dari ibu penjual milu bakar, alhamdulillah sampai dengan selamat.

Walaupun memang tidak bisa meng-explore Manado terlalu banyak karena free time saat dinas sangat sempit, tapi saat sudah tidak ada tugas lagi, aku sempatkan jalan-jalan ke tempat yang mudah dijangkau seperti Danau Linow, Bukit Kasih dan Danau Tondano. Aku juga akhirnya extend satu hari di sana supaya bisa mengunjungi bunaken. Agar dapat menikmati keindahan Danau Linow, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000/orang, sedangkan kalau kalian ingin foto prewedding disini maka kalian harus membayar biaya tambahan sebesar Rp100.000. Sebenarnya Danau Linow mempunyai 3 (tiga) warna air yang berbeda, kebetulan ketika aku sampai disana hanya kelihatan 2 (dua) warna saja, tapi tetep bagus kok. Setelah dari Danau Linow, aku mengunjungi Bukit Kasih, bukit ini dibangun sejak tahun 1999, untuk mencapai puncaknya, kalian harus siap menaiki 2.543 anak tangga. Memang berat, tapi pemandangannya worth it banget buat diperjuangkan, so pastikan kalian naik juga ya, jangan lupa bawa air minum dan pakai sepatu yang nyaman saja. Untuk mengakhiri perjalanan hari itu, aku mengunjungi Danau Tondano sekalian makan siang di sana. Di tepi danau tondano ada restoran namanya Restoran Tondano, kalian wajib ke sini karena makannya enak dan tidak mahal, pas banget untuk istirahat sekaligus menikmati pemandangan danau tondano. Oh iya, kesulitan terbesar saat di Manado adalah transportasinya, tidak ada angkutan umum yang menjangkau tempat-tempat wisata tersebut, sehingga harus sewa mobil apabila kita hendak wisata ke tempat yang agak jauh lokasinya dari kota. 


Tidak bisa dipungkiri, bahwa keindahan alam Manado memang ajib banget, bisa dibilang paket komplit malah. Manado punya pesona laut yang masih alami dan belum tercemar, gunung yang tinggi menjulang, dan pemandangan alam lain yang tidak kalah menakjubkan. Mari sama-sama kita jaga agar alam kita tidak rusak, supaya anak cucu kita masih bisa menikmati keindahannya kelak :)


P.s. untuk liputan khusus bunaken aku jadikan blog tersendiri ya :)


  Monumen Yesus memberkati
Jalan menuju danau linow 
Penampakan gunung lokon pasca meletus
Patung tololiu tua
 
 
Danau Linow  
Bukit Kasih
Restoran Tondano

0 Komentar