Untuk merayakan ulang tahun Cali yang ke 21, aku memutuskan untuk memberinya kejutan dengan kedatanganku kesana. Sebelumnya aku menghubungi teman yang ada di Samarinda dan Bontang agar rencanaku berhasil tanpa hambatan, aku meminta mereka untuk mengajak Cali ke Samarinda, karena kalau bertemu di Bontang terlalu jauh. 
Sebenarnya aku sempat takut dan kawatir karena ini pertama kalinya aku ke Pulau Kalimantan, sendirian pula. Tapi demi cinta -hayah- aku beranikan diri untuk menempuh perjalanan yang tidak sebentar itu. Perlu diketahui bahwa perjalanan udara Jakarta-Balikpapan itu membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan, nah untuk ke Samarinda, kita membutuhkan waktu 3 jam perjalanan darat dengan menggunakan travel. Kondisi jalan di Kalimantan di Jawa pastilah berbeda, jalannya sangat berkelok-kelok, membuatku yang notabene suka mabuk darat jadi tersiksa perutnya. Tapi sekali lagi, demi cinta akhirnya ku tempuh perjalanan itu dengan riang gembira.
Sampai di Samarinda, aku dijemput temanku dan menunggu sampai jam 00.00 untuk memberikan kejutan kepada Cali. Kalau ingat ekspresi bahagianya malam itu, rasanya capek perjalananku hilang sudah, terbayarkan hehe. 
Ketika di Samarinda, aku sempat mengunjungi Tenggarong (Kerajaan Kutai), selain itu aku juga keliling kota Samarinda, menyambangi Islamic Center dan menyeberangi sungai mahakam. Karena sudah sampai Samarinda akhirnya akupun memutuskan untuk sekalian singgah ke Bontang, tempatnya bekerja. Perjalanan Samarinda ke Bontang membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam perjalanan darat, dengan jalan yang masih berkelok-kelok juga tentunya. Sampai di Bontang, aku diajak main ke Berbas Pantai, Tanjung Laut dan Bontang Koala. Di Bontang, kalian akan menemukan patung merlion park seperti di Singapura loh, seru kan. Setelah puas jalan-jalan di Bontang, akhirnya waktu berpisah itu datang juga, Cali akhirnya mengantarku ke Balikpapan, karena sampai di Balikpapan masih pagi akhirnya kami memutuskan untuk jalan-jalan dulu, merasakan kepiting kenari yang tersohor itu dan mampir ke Pantai Manggar.

Balikpapan
Pantai di belakang Mall BC

Pantai Manggar




Pelabuhan dekat Pantai Manggar

Kepiting Kenari



Samarinda
Jembatan Sungai Mahakam

Islamic Center



Tenggarong
Golden Bridge nya Indonesia, Jembatan Dayaku


Lambang Tenggarong namanya Lembuswana, yaitu hewan yang mempunyai sayap seperti burung garuda, mempunyai belalai seperti gajah, dan kaki kuda.

Ngga sengaja aku nemu penjual Buah Lei disana, buah lei itu sama seperti durian pada umumnya, hanya warnanya kemerahan dan tidak berbau menyengat



Bontang
Berbas Pantai

Tanjung Laut

Bontang Koala




Makan malam di Anjungan Indah

Birthday Boy
Oleh-oleh khas Kalimantan Timur, amplang dan manisan rumput laut

0 Komentar